25 November 2008

Hakekat MKP PAI

PENGERTIAN, RUANG LINGKUP DAN KEGUNAAN
METODIK KHUSUS PENGAJARAN AGAMA ISLAM
A. PENGERTIAN
Untuk memudahkan memahami apa yang dimaksud dengan Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam , marilah kita lihat dari taksonomi disiplin ilmu didaktik.
Didaktik (Ilmu mengajar) dapat dikelompokkan menjadi :
a. Didaktik Umum, yaitu ilmu yang membicarakan azas-azas atau teori umum mengajar. Atau sering diistilahkan dengan ilmu pembentukan umum maksudnya teori-teori tentang pembentukan rohani pada umumnya, teori-teori yang di dalamnya dikemukakan dan juga dipertanggungjawabkan bagaimana pada umumnya cara mengajar dan karenanya pula menyuruh belajar secara sistematis.
Dalam didaktik umum ada dua hal pokok yang dibicarakan :
1) masalah minat dan perhatian
2) masalah kerja sendiri rohani dan jasmani
b. Didaktik Khusus atau Metodik atau juga disebut Didaktik Praktis, yaitu ilmu yang berbicara tentang masalah metode mengajar secara teoritis dan praktis.
Metodik ini dibagi lagi menjadi :
1) Metodik Umum, yaitu ilmu yang membicarakan tentang metode-metode mengajar pada umumnya
2) Metodik Khusus, yaitu ilmu yang membicarakan metode-metode mengajar secara khusus untuk Mata Pelajaran.
Dari sini dapat dimengerti bahwa Metodik Khusus adalah ilmu yang membicarakan tentang metode-metode bagaimana mengajarkan suatu Mata Pelajaran, karenanya dapat juga disebut Metodologi Pengajaran PAI.
Karena didalam Metodik Khusus ini membicarakan tentang bagaimana mengajarkan Mata Pelajaran suatu Mata Pelajaran, yang tentunya tidak khusus berbicara tentang metode, tapi menyangkut rencana pembelajaran secara keseluruhan, maka Metodik juga bisa disebut sebagai ilmu yang berbicara tentang teori-teori membuat lesson plan. Sifatnya masih umum untuk semua mata pelajaran.
Dia akan khusus manakala tertuju pada mata pelajaran tertentu, seperti Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, maksudnya ia hanya berbicara tentang kumpulan teori membuat lesson plan pengajaran MP. Pend. Agama Islam.
Pada dasarnya teori yang dibicarakan dalam MKPAI adalah juga yang dibicarakan di dalam Metodik Khusus tapi disesuaikan dengan sifat-sifat khas MP PAI.
B. RUANG LINGKUP
Ruang Lingkup Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, adalah :
1. Pengertian, Ruang Lingkup dan Kegunaan MKP PAI
2. Historis dan Dasar pelaksanaan PAI
3. Tujuan Pengajaran PAI
4. Aspek, Kriteria dan Nilai Pengajaran Pendidikan Agama Islam
5. Metode-metode Pengajaran PAI pada Sekolah Umum, yang meliputi 7 pokok Materi PAI, yaitu keimanan, akhlak, Qur’an dan Hadits, ibadah, syari’ah, tarikh, dan Baca Tulis Al Qur’an
6. Metode-metode Pengajaran PAI pada Madrasah yang terbagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran PAI, yaitu Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fikih, SKI dan Bahasa Arab
7. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terpadu
C. KEGUNAAN MKP PAI
Setelah mempelajari Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, diharapkan dapat berguna dalam :
1. memahami Pengertian, Ruang Lingkup dan Kegunaan MKP PAI, Historis dan Dasar pelaksanaan PAI, Tujuan Pengajaran PAI, Aspek, Kriteria dan Nilai Pengajaran Pendidikan Agama Islam
2. Memiliki pemahaman tentang Metode-metode Pengajaran PAI pada Sekolah Umum, yang meliputi 7 pokok Materi PAI, yaitu keimanan, akhlak, Qur’an dan Hadits, ibadah, syari’ah, tarikh, dan Baca Tulis Al Qur’an
3. Memiliki pemahaman tentang Metode-metode Pengajaran PAI pada Madrasah yang terbagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran PAI, yaitu Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fikih, SKI dan Bahasa Arab
4. Memiliki pemahaman tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terpadu

1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya undang anda untuk bergabung bersama komunitas blogger kalsel 'kayuhbaimbai' (http://kayuhbaimbai.org) atau (http//aruhblogger.com). Hubungi saya di 085251534313/7718393 mari kita dukung pelaksanaa ARUH BLOGGER 2009.
Mohon diberikan data dingsanak2 kalsel yag punya blog, dan mohon infokan event besar ini

Salam Blogger

chandra