03 Februari 2008

PENGERTIAN MKP PAI

PENGERTIAN MKP PAI

Oleh H.Munadi Sutera Ali

A. PENGERTIAN

Untuk memudahkan memahami apa yang dimaksud dengan Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam , marilah kita lihat dari taksonomi disiplin ilmu didaktik.

Didaktik (Ilmu mengajar) dapat dikelompokkan menjadi :

a. Didaktik Umum, yaitu ilmu yang membicarakan azas-azas atau teori umum mengajar. Atau sering diistilahkan dengan ilmu pembentukan umum maksudnya teori-teori tentang pembentukan rohani pada umumnya, teori-teori yang di dalamnya dikemukakan dan juga dipertanggungjawabkan bagaimana pada umumnya cara mengajar dan karenanya pula menyuruh belajar secara sistematis.

Dalam didaktik umum ada dua hal pokok yang dibicarakan :

1) masalah minat dan perhatian

2) masalah kerja sendiri rohani dan jasmani

b. Didaktik Khusus atau Metodik atau juga disebut Didaktik Praktis, yaitu ilmu yang berbicara tentang masalah metode mengajar secara teoritis dan praktis.

Metodik ini dibagi lagi menjadi :

1) Metodik Umum, yaitu ilmu yang membicarakan tentang metode-metode mengajar pada umumnya

2) Metodik Khusus, yaitu ilmu yang membicarakan metode-metode mengajar secara khusus untuk Mata Pelajaran.

Dari sini dapat dimengerti bahwa Metodik Khusus adalah ilmu yang membicarakan tentang metode-metode bagaimana mengajarkan suatu Mata Pelajaran, karenanya dapat juga disebut Metodologi Pengajaran PAI.

Karena didalam Metodik Khusus ini membicarakan tentang bagaimana mengajarkan Mata Pelajaran suatu Mata Pelajaran, yang tentunya tidak khusus berbicara tentang metode, tapi menyangkut rencana pembelajaran secara keseluruhan, maka Metodik juga bisa disebut sebagai ilmu yang berbicara tentang teori-teori membuat lesson plan. Sifatnya masih umum untuk semua mata pelajaran.

Dia akan khusus manakala tertuju pada mata pelajaran tertentu, seperti Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, maksudnya ia hanya berbicara tentang kumpulan teori membuat lesson plan pengajaran MP. Pend. Agama Islam.

Pada dasarnya teori yang dibicarakan dalam MKPAI adalah juga yang dibicarakan di dalam Metodik Khusus tapi disesuaikan dengan sifat-sifat khas MP PAI.

B. RUANG LINGKUP

Ruang Lingkup Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, adalah :

  1. Pengertian, Ruang Lingkup dan Kegunaan MKP PAI
  2. Historis dan Dasar pelaksanaan PAI
  3. Tujuan Pengajaran PAI
  4. Aspek, Kriteria dan Nilai Pengajaran Pendidikan Agama Islam
  5. Metode-metode Pengajaran PAI pada Sekolah Umum, yang meliputi 7 pokok Materi PAI, yaitu keimanan, akhlak, Qur’an dan Hadits, ibadah, syari’ah, tarikh, dan Baca Tulis Al Qur’an
  6. Metode-metode Pengajaran PAI pada Madrasah yang terbagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran PAI, yaitu Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fikih, SKI dan Bahasa Arab
  7. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terpadu

C. KEGUNAAN MKP PAI

Setelah mempelajari Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, diharapkan dapat berguna dalam :

  1. memahami Pengertian, Ruang Lingkup dan Kegunaan MKP PAI, Historis dan Dasar pelaksanaan PAI, Tujuan Pengajaran PAI, Aspek, Kriteria dan Nilai Pengajaran Pendidikan Agama Islam
  2. Memiliki pemahaman tentang Metode-metode Pengajaran PAI pada Sekolah Umum, yang meliputi 7 pokok Materi PAI, yaitu keimanan, akhlak, Qur’an dan Hadits, ibadah, syari’ah, tarikh, dan Baca Tulis Al Qur’an
  3. Memiliki pemahaman tentang Metode-metode Pengajaran PAI pada Madrasah yang terbagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran PAI, yaitu Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fikih, SKI dan Bahasa Arab
  4. Memiliki pemahaman tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terpadu

2 komentar:

Robby mengatakan...

bagaimana untuk membentuk kepribadian siswa yang sesuai dengan sunah Rasullulah S.A.W

ade mahmudin kader PKB subang jabar mengatakan...

Apakah metode yang diterapkan diterapkan oleh Rasulullah masih bisa digunakan untuk saat sekarang ini. Dimana, pada zaman beliau belum ada yang namanya sebuah sistem pendidikan. tetapi, ga bisa dipungkiri bahwa metode yang diterapkan oleh Rasulullah mampu melahirkan peserta didik yang berkualitas. seperti para sahabat dan pengikutnya pada saat itu.