25 November 2008

ASPEK, KRITERIA , PRINSIP DAN NILAI PENGAJARAN PAI

ASPEK, KRITERIA , PRINSIP DAN NILAI PENGAJARAN PAI
A. ASPEK-ASPEK PENGAJARAN PAI
Ruang Lingkup bahan, baik di madrasah maupun di sekolah umum pada dasarnya sama, meliputi :
1. Hubungan manusia dengan Allah SWT
2. Hubungan manusia dengan dirinya sendiri
3. Hubungan manusia dengan sesama manusia
4. Hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungan alam sekitar.
Dengan aspek-aspek pengajaran, sbb. :
No KURIKULUM PAI DI MADRASAH KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UMUM
Dibagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran,yaitu : Meliputi 7 unsur pokok, meliputi :
1. Qur’an Hadits Al Qur’an
2. Akidah Akhlak Keimanan
Akhlak
3. Fiqih Ibadah
Mu’amalah
Syari’ah
4. Sejarah dan Kebudayaan Islam Tarikh
5. Bahasa Arab

B. PRINSIP PENGAJARAN PAI
Pengajaran PAI baik di Sekolah Umum atau pun di Madrasah pada prinsipnya memberikan keluwesan bagi guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang menyangkut metode yang digunakan, evaluasi yang dilakukan, alat bantu yang dipakai, buku sumber dan pengembangan materi yang ditetapkan, sehingga tujuan yang dikehendaki bisa sangat relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan masyarakat lokal.
Dalam menentukan materi pengajaran PAI, dipergunakan 16 kriteria, yaitu :
1. Relevansi maksudnya kesesuai antara Materi PB/ SPB dengan Tujuan
2. Essensial maksudnya materi PB/SPB termasuk materi Dasar Kemampuan Minimal (DKM) untuk satuan Pendidikan tertentu.
3. Konsep Utuh, PB/SPB untuk satuan waktu tertentu harus selesai sesuai pada satuan waktu itu.
4. Tidak sarat, maksudnya materi dan alokasi waktu harus sesuai
5. Bukan Pengulangan, maksudnya dalam satu tingkatan satuan pendidikan tidak ada pengulangan materi.
6. Pengembangan maksudnya semakin tinggi jenjang satuan pendidikan maka materinya harus bersifat pengembangan dari materi terdahulu
7. Bersifat membimbing, maksudnya materi bersifat pengembangan sikap
8. Bersifat Mengajar, maksudnya materi bersifat pengembangan pengetahuan
9. Bersifat Melatih maksudnya materi bersifat pengembangan keterampilan dan pengamalan ajaran agama
10. Sesuai dengan tingkat perkembangan Peserta Didik, maksudnya materi harus disesuaikan dengan tingkat kematangan peserta didik pada kelas tertentu
11. Berkaitan dengan bidang studi lain
12. Berkaitan dengan IPTEK
13. Praktis ; Bermanfaat dalam kehidupan keseharian
14. Mengembangkan kepribadian peserta didik, maksudnya materi harus dapat memberikan motivasi untuk pengembangan kepribadian peserta didik
15. Bersifat melanjutkan pelajaran, maksudnya materi harus dapat menjadi dasar bagi pendidikan lanjutan peserta didik
16. Menunjang kebutuhan pembangunan
Disamping itu, dalam pengajaran harus melalui pendekatan-pendakatan yang relevan dengan materi pengajaran yang diberikan, seperti yang dikemukakan berikut ini :
No PENGAJARAN PAI DI MADRASAH PENGAJARAN PAI DI SEKOLAH UMUM
1 Qur’an Hadits; memiliki pendekatan aktivitas siswa, dengan metode :
1. Drill
2. Kerja Kelompok
3. Tanya Jawab
4. Diskusi
5. Resitasi
6. Ceramah, dsb Memiliki 5 pendekatan, sbb :
1. Pengalaman
2. Pembiasaan
3. Emosional
4. Rasional
5. Fungsional
2. Akidah AKhlak, memiliki 5 pendekatan :
1. Emosional
2. Rasional
3. Fungsional
4. Keteladanan
5. CBSA
3. Fikih, mempunyai pendakatan sbb:
1. Rasional
2. Emosional
4. SKI, memiliki pendekatan sbb. :
1. Emosional
2. Azas Manfaat
3. Rasional
4. Keteladanan
5 Bahasa Arab, menggunakan pendekatan Komunikatif dengan memakai Electic Method dengan memadukan beberapa kelebihan dari berbagai metode seperti tanya jawab, dramatisasi, peragaan, penugasan, drill dan pengungkapan kembali isi wacana.

Tidak ada komentar: