RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN: MTsN MODEL AMUNTAI
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS / SEMESTER : IX /1
Standar Kompetensi :
1. Mampu bercakap, membaca dan menulis Insya Muwajjah tentang االحاج dengan menggunakan 15 mufradat baru serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع
Kompetensi Dasar :
1.4 Menggunakan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع dalam Insya Muwajjah
Indikator :
o Menggunakan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع dalam struktur kalimat sedrehana
o Menjawab pertanyaan dengan menggunakan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع
Alokasi waktu : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat Menggunakan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع dalam struktur kalimat sedrehana
• Siswa dapat Menjawab pertanyaan dengan menggunakan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع
B. Materi Ajar
Insya muwajjah dengan menggunakan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع yang telah dipelajari
C. Metode, Pendekatan dan Model Pembelajaran
• Drill, Tanya jawab, dan pemberian tugas kelompok & perorangan dengan pendekatan CTL dan model pembelajaaran koperatif.
D. Langkah-langkah kegiatan
1. Pendahuluan :
a. Appersepsi :
Penguasaan siswa 15 mufradat baru tentang االحاجserta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع dihubungkan dengan bentuk Insya Muwajjah yang akan dipelajari
b. Motivasi :
• Insya Muwajjah yang akan dipelajari sangat erat dengan komunikasi dalam masalah الحاج
2. Kegiatan Inti :
a. Siswa menyimak penjelasan tentang cara melakukan Insya Muwajjah yang terkait dengan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع
b. Siswa mengerjakan Insya Muwajjah yang terkait dengan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع
c. Siswa dengan kelompoknya mendiskusikan hasil pekerjaan Insya Muwajjah yang terkait dengan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع
d. Siswa melaporkan hasil kerja diskusi kelompok tentang pekerjaan Insya Muwajjah yang terkait dengan 15 mufradat baru tentang االحاج serta struktur kalimat اسم الموصول + فعل المضارع
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa diarahkan membuat rangkuman;
b. Siswa diberi tugas PR;
c. Refleksi;
E. Alat dan sumber Belajar
• Buku teks, LKS, dan lembar tugas.
F. Penilaian
Teknik : Tes Lisan
Bentuk instrumen : Uraian
Instrumen : Terlampir
Mengetahui Amuntai, 1 Juli 2008
Kepala MTsN Model Amuntai Guru Mata Pelajaran
Drs. H. TAJUDDIN NOOR Dra. Hj. UMI SALAMAH
NIP 150253672 NIP. 150 258 541
Catatan :
...............................................................................................................
................................................................................................................
LEMBAR PORTOFOLIO
SATUAN PENDIDIKAN : MTsN MODEL AMUNTAI
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS / SEMESTER : IX /1
HARI/TANGGAL :
1. Rubah kalimat berikut sebagaimana contoh !
2. Jawab pertanyaan berikut, sebagaimana contoh !
Mengetahui Amuntai, 1 Juli 2008
Kepala MTsN Model Amuntai Guru Mata Pelajaran
Drs. H. TAJUDDIN NOOR Dra. Hj. UMI SALAMAH
NIP 150253672 NIP. 150 258 541
Catatan :
...............................................................................................................
................................................................................................................
13 November 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar