25 November 2008

BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Metode secara bahasa berasal dari kata methodos (latin)yang berart yang berarti cara me atau jalan ke ….
Prof Mahmud Yunus dalam buku Ilmu Mengajar mengistilah “jalan yang ditempuh oleh seseorang supaya sampai kepada tujuan tertentu, baik dalam lingkungan perusahaan atau perniagaan, maupun dalam kupasan ilmu pengetahuan lainnya.”
Karenanya metode mengajar dapat diartikan sebagai suatu cara untuk meyajikan materi pelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Metode-metode mengajar yang dapat diterapkan dalam PBM Pendidikan Agama Islam, antara lain :

A. Metode Ceramah
-*Metode ceramah adalah metode penyajian secara lisan terhadap materi pelajaran yang diberikan. Ceramah hendaknya dikombinasikan dengan metode lain, seperti diskusi, hapalan, tanya jawab, dll.
Langkah-langkah metode ceramah adalah :
1) Mendifenisikan beberapa istilah
2) Pembuatan bagian dan sub bagian yang dibicarakan
3) Pembuatan ikhtisar
4) Mengajukan dan memecahkan kesulitan siswa untuk dijelaskan oleh guru

B. Metode Diskusi
Langkah-langkahnya :
1) Penyajian; pengenalan terhadap masalah yang akan dimintakan pendapat, evaluasi dan pemecahan masalah oleh siswa
2) Bimbingan; pengarahan guru selama diskusi kearah tujuan
3) Pengikhtisaran, yaitu rekapitulasi pokok pikiran penting dalam diskusi

C. Metode Mengingat
Metode mengingat adalah metode yang digunakan untuk mengingat kembali sesuatu yang pernah dibaca secara benar.
Langkah-langkahnya sbb. :
1) Merefleksi; memperhatikan bahan baik dari segi tulisan, tanda baca atau syakalnya
2) Mengulang; menirukan bacaan secara berulang-ulang
3) Meresitasi mengulang secara individual
4) Retensi; ingatan yang telah dimiliki terhadap apa yang telah dipelajari

D. Metode Problem Solving ( Pemecahan Masalah )
Metode ini pertama kali digunakan oleh John Dewey, dengan prinsip penggunaannya , sbb. :
1. Trial and Error; terus mencoba walau pun harus mengalami kesalahan
2. Try and try again, you will succed at last; terus mencoba, kamu akan berhasil akhirnya
3. Learning by doing; belajar sambil bekerja
4. Experience is the best teacher; pengalaman adalah guru yang terbaik
Langkah-langkah Metode Problem Solving, sbb. :
1. Pengenalan kesulitan belajar
2. Pendefenisian masalah
3. Saran alternatif pemecahan masalah
4. Pengujian hipotesis
5. Memverifikasi kesimpulan
E. Metode Proyek
Metode ini dikembangkan oleh William HK yang menekan belajar sambil bekerja (learning by doing).
Langkah-langkah penggunaan metode ini, adalah :
1) Eksplorasi; pengetesan peserta didik terhadap penguasaan unit
2) Presentasi; penyajian unit
3) Asimilasi; presentasi yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik
4) Organisasi; pengorganisasian oleh peserta didik terhadap bahan yang dipelajari ke dalam bentuk yang logis
5) Resitasi; penugasan kepada peserta didik kemudian mereka menyajikan hasil pekerjaannya (lisan atau tulisan)

F. Metode Studi Kasus
Metode ini pada awalnya digunakan dalam bidang hukum, lalu dikembangkan di dalam bidang lain termasuk Pendidikan. Sifat Metode ini merangsang untuk diskusi dan interaksi kelompok.
Langkah-langkah penerapan metode ini :
1) Pemilihan kasus
2) Membaca catatan tentang kasus itu
3) Analisis; menelaah secara mendalam dan bertahap tentang kasus itu
4) Mendiskusikan simpulan telaahan secara individual.

G. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara mengajar dengan memperlihatkan (baik dilakukan oleh guru, murid atau pun orang lain yang dimintakan) kepada semua peserta didik tentang suatu proses.
Langkah-langkah menggunakan metode ini, adalah :
1) Presentasi materi secara lisan untuk mengarahkan pola pikir dan sikap peserta didik
2) Peragaan suatu proses
3) Peniruan/ peragaan ulang

H. Metode Ekspremen
Metode ekspremen adalah cara mengajar dengan percobaan-percobaan terhadap sesuatu proses, yang (titik beratnya adalah) dilakukan oleh para siswa.
Langkah-langkah penerapan metode ini, adalah :
1) Penyiapan sarana/ alat pendukung
2) Presentasi materi , penjelasan cara kerja/ fungsi alat dan pengarahan peserta didik
3) Penetapan sebuah Hipotesis
4) Siswa melakukan Percobaan untuk menguji hipotesis
5) Analisis hasil pengujian
6) Pelaporan hasil /simpulan

I. Metode Drill ( Latihan Siap )
Metode drill adalah metode latihan keterampilan ( latihan siap ) untuk mencapai suatu ketangkasan tertentu, yang sifatnya berulang-ulang.
Langkah-langkahnya :
1) Peragaan Contoh ( baik lisan ~ tulisan ~ perbuatan )
2) Pengulangan oleh peserta didik
3) Koreksi
4) Pengulangan lagi dst.

J. Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah metode mengajar dengan melakukan tanya jawab, baik dilakukan satu arah ( peserta didik~pendidik) atau pun multi arah (peserta didik ke pendidik ke peserta didik lagi, dst.)
Langkah-langkah penggunaan metode ini :
1) Presentasi materi/ masalah
2) Pemberian Pertanyaan
3) Memberikan jawaban
4) Menyimpulkan hasil jawaban

Tidak ada komentar: