25 November 2008

PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM ) PENDIDIKAN AGAMA

PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM )
PENDIDIKAN AGAMA

Dalam PBM akan dapat diperoleh 3 aspek kemampuan (menurut Benyamin S Bloom dalam bukunya The Taxonomy of educational Objective ), yaitu
1). Aspek Pengetahuan ( Cognitive ), meliputi kecakapan :
- Pengetahuan (kowledge)
- Pemahaman (comprehension )
- Penerapan (application)
- Penguraian (analysis)
- Pemanduan (synthesis)
- Penilaian (evaluation)

2. Aspek Sikap ( Affective ), meliputi :

1) menerima rangsangan (recerving)
2) merespon rangsangan (responding)
3) menilai sesuatu (valuing)
4) mengorganisasikan nilai (organization)
5) mewujudkan nilai (Characterization by a value or value complex )

C.Aspek Ketrampilan ( Psikomotor ), meliputi berbagai keterampilan, yaitu :

1) persepsi
2) kesiapan (set)
3) jawaban terarah (guided rspons)
4) mechanism
5) jawaban kompleks ( complex over respons)
6) adaptasi ( adaptation )
7) Asli ( origination )

Ada berbagai ciri terjadinya interaksi PBM Pendidikan Agama Islam, yaitu :

1) Tujuan pendidikan agama yang akan dicapai telah dirumuskan secara jelas
2) Bahan ajar pendidikan agama yang akan menjadi isi interaksi telah dipilih dan ditetapkan
3) Guru pelajar aktif dalam melakukan interaksi
4) Pelajar dan bahan ajar berinteraksi secara aktif
5) Kesesuaian metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan agama
6) Situasi yang memungkinkan terciptanya proses interaksi dapat berlangsung dengan baik
7) Penilaian terhadap hasil interaksi PBM pendidikan Agama

Karenanya untuk mendalami PBM Pendidikan Agama dengan baik, seorang guru harus memahami :

1) Tujuan; sebagai jawaban untuk apa …
2) Bahan ; sebagai jawaban dengan materi apa …
3) Guru dan Peserta didik ; sebagai jawaban disampaikan oleh dan untuk siapa …
4) Bahan dan keterkaitannya dengan peserta didik ; sebagai jawaban bagaimana keterkaitan antara pelajar dan bahan ajar …
5) Metode ; sebagai jawaban bagaimana caranya …
6) Situasi ; sebagai jawaban dalam keadaan bagaimana …
7) Evaluasi ; sebagai jawaban bagaimana hasilnya …

Tidak ada komentar: