25 November 2008

KARAKTERISTIK KURIKULUM PAI

KARAKTERISTIK KURIKULUM PAI
DI MADRASAH DAN SEKOLAH UMUM
A. BENTUK KURIKULUM PAI
Sejak Kurikulum Tahun 1984, Kurikulum PAI baik di Sekolah Umum dan di Madrasah disederhanakan dengan tujuan memberikan keluwesan dalam pengembangan selanjutnya.
Bentuk penyederhanaan yang dimaksudkan tersebut, adalah :
I. PENDAHULUAN
A. PENGERTIAN
B. TUJUAN
C. FUNGSI
D. RUANG LINGKUP
E. RAMBU-RAMBU
II. PROGRAM/ ISI
1. Tujuan Pembelajaran (TP )
1.1 Pokok Bahasan
1.1.1 Sub Pokok Bahasan
- Uraian Materi
Kedua kurikulum tersebut dari bentuknya adalah sama, dimana keduanya memberikan keluwesan bagi guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang menyangkut metode yang digunakan, evaluasi yang dilakukan, alat bantu yang dipakai, buku sumber dan pengembangan materi yang ditetapkan, sehingga tujuan yang dikehendaki bisa sangat relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan masyarakat lokal.
B. TUJUAN MATA PELAJARAN
Untuk Kurikulum Madrasah ada perluasan bidang sejarah Islam dan tambahan bidang pemahaman dan penguasaan bahasa arab, contoh Tk. SLTP, sbb :
No KURIKULUM PAI DI MADRASAH KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UMUM
1 Dengan landasan iman yang benar, taat beribadah, mampu berzikir dan berdo’a Dengan landasan iman yang benar, taat beribadah, mampu berzikir dan berdo’a
2. Mampu membaca al Qur’an dan menulisnya dengan benar serta berusaha memahaminya Mampu membaca al Qur’an dan menulisnya dengan benar serta berusaha memahaminya
3. Terbiasa berkepribadian muslim (berakhlak mulia) Terbiasa berkepribadian muslim (berakhlak mulia)

4. Mampu memahami sejarah Islam dan perkembangan Agama Islam Mampu memahami sejarah Islam dan perkembangan Agama Islam di masa Khulafaurrasyidin
5 Terbiasa menerapkan aturan-aturan dasar Islam dalam kehidupan keseharian Terbiasa menerapkan aturan-aturan dasar Islam dalam kehidupan keseharian
6. Mampu memahami dan menguasai secara aktif dan pasif Bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah.
C. FUNGSI MP PAI
Adapun fungsi MP PAI baik di Madrasah maupun Sekolah Umum, dapat dibedakan sbb. :
No KURIKULUM PAI DI MADRASAH KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UMUM
1 Qur’an Hadits; mengarahkan pemahaman dan penghayatan pada isi yang terkandung dalam al qur’an dan Hadits yang diharapkan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan Iman dan taqwa kepada Allah SWT sesuai dengan tuntutan Qur’an Hadits Memiliki 7 Fungsi, sbb :
1. Pengembangan
2. Penyaluran
3. Perbaikan
4. Pencegahan
5. Penyesuaian
6. Sumber Nilai
7. Pengajaran
2. Akidah AKhlak, memiliki 4 fungsi, sbb. :
1. Pengembangan
2. Perbaikan
3. Pencegahan
4. Pengajaran
3. Fikih, mempunyai fungsi, sbb. :
1. Mendorong tumbuhnya kesadaran beribadah kepada Allah SWT
2. Membentuk kebiasaan melaksanakan syariat dengan ikhlas
3. Membentuk kebiasaan tuntutan akhlak yang mulia
4. Mendorong tumbuhnya kesadaran mensyukuri nikmat Allah dengan mengolah dan memanfaatkan alam untuk kesejahteraan hidup
5. Membentuk kebiasaan menerapkan disiplin dan tanggung jawab sosial di Madrasah dan Masyarakat
6. Kumpulan pelaksanaan ketentuan-ketentuan syariat yang bersumber dari AL Qur’an dan Hadits
4. SKI, berfungsi, sbb :
1. Pengenalan peristiwa penting dari sejarah Islam
2. Pengenalan produk-produk peradaban Islam serta tokoh-tokohnya
3. Pengembangan rasa kebanggaan, penghargaan terhadap kepahlawanan, kepeloporan, keilmuan dan kreativitas, pengabdian para tokoh pendahulu
4. Penanaman nilai bagi tumbuh dan berkembangnya sikap kepahlawanan, kepeloporan, keilmuan dan kreativitas, pengabdian serta peningkatan rasa cinta tanah air dan bangsa
5 Bahasa Arab, berfungsi untuk :
Sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan disamping sebagai alat komunikasi, karenanya tidak terpisahkan dari MP PAI
D. RUANG LINGKUP :
Ruang Lingkup bahan, baik di madrasah maupun di sekolah umum pada dasarnya sama, meliputi :
1. Hubungan manusia dengan Allah SWT
2. Hubungan manusia dengan dirinya sendiri
3. Hubungan manusia dengan sesama manusia
4. Hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungan alam sekitar.
Namun dalam hal bahan pengajarannya, dapat dibedakan, sbb :
No KURIKULUM PAI DI MADRASAH KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UMUM
Dibagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran,yaitu : Meliputi 7 unsur pokok, meliputi :
1. Qur’an Hadits Al Qur’an
2. Akidah Akhlak Keimanan
Akhlak
3. Fiqih Ibadah
Mu’amalah
Syari’ah
4. Sejarah dan Kebudayaan Islam Tarikh
5. Bahasa Arab

Untuk Madrasah setiap Sub Mata Pelajaran PAI mempunyai Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) sendiri-sendiri, yang tentunya karena perbedaan alokasi waktu, maka cakupan materinya lebih luas dari GBPP PAI di SLTP umum.
F. RAMBU-RAMBU
Untuk bidang alokasi waktu, secara tegas ada perbedaan antara Kurikulum PAI di Madrasah dan di Sekolah Umum, di sini menurut saya hal yang paling urgen untuk dilihat adalah dalam bidang Pendekatan, sbb. :
No KURIKULUM PAI DI MADRASAH KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UMUM
1 Qur’an Hadits; memiliki pendekatan aktivitas siswa, dengan metode :
1. Drill
2. Kerja Kelompok
3. Tanya Jawab
4. Diskusi
5. Resitasi
6. Ceramah, dsb Memiliki 5 pendekatan, sbb :
1. Pengalaman
2. Pembiasaan
3. Emosional
4. Rasional
5. Fungsional
2. Akidah AKhlak, memiliki 5 pendekatan :
1. Emosional
2. Rasional
3. Fungsional
4. Keteladanan
5. CBSA
3. Fikih, mempunyai pendakatan sbb:
1. Rasional
2. Emosional
4. SKI, memiliki pendekatan sbb.:
1. Emosional
2. Azas Manfaat
3. Rasional
4. Keteladanan
5 Bahasa Arab, menggunakan pendekatan Komunikatif dengan memakai Electic Method dengan memadukan beberapa kelebihan dari berbagai metode seperti tanya jawab, dramatisasi, peragaan, penugasan, drill dan pengungkapan kembali isi wacana.
Dari kedua bentuk kurikulum PAI tersebut, ada memiliki persamaan dan perbedaan, secara esiensi tujuan dan ruang lingkup adalah sama, namun karena keluasan materi yang didukung oleh alokasi waktu yang berbeda, maka pengembangan kurikulum itu akan mengalami perbedaan-perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing, misalnya, kurikulum PAI di sekolah Umum akan lebih padat dibanding dengan kurikulum PAI di Madrasah yang lebih detail, dll.

Tidak ada komentar: